3.043 Ahli Waris di Depok Terima Santunan Kematian, Segini Besarannya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:05 WIB
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono Jelaskan Kesepakatan Pemkot dan DPRD Depok terkait KDS
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono Jelaskan Kesepakatan Pemkot dan DPRD Depok terkait KDS

HALLO.DEPOK.ID - Keluarga yang ditinggal semoga dapat manfaat dari program ini. Sepanjang 2022, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok telah menyalurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS) Santunan Kematian (Sankem) kepada 3.043 keluarga Penerima Manfaat (KPM). Sankem tersebut masing-masing diberikan sebesar Rp2 juta.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Kota Depok, Ambar Hardiani Widjajanti menuturkan, pemberian Sankem sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Depok kepada warga prasejahtera yang mengalami kedukaan. Dengan harapan, bisa membantu meringankan beban mereka.

“Sankem KDS diberikan kepada ahli waris dengan melengkapi berkas-bekas antara lain Surat Keterangan Kematian dari kelurahan, KTP dan Kartu Keluarga yang disampaikan ke loket Dinsos untuk diverifikasi,” katanya.

Baca Juga: Berbulan-bulan Kasus Atasan Mau Bacok Bawahan di Damkar Depok Belum Jelas

KDS Sankem juga memiliki syarat penyaluran. Salah satu syarat wajibnya ialah, warga harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indoensia Pintar (KIP) dan Program Kelurga Harapan (PKH).

“Jumlah penerima KDS Sankem tahun 2021 sebanyak 4.134 jiwa, dan tahun 2022 perencanaan sebanyak 3.150 jiwa, untuk penyaluran sebanyak 3043,” ucap dia.

Ada tujuh syarat mengajukan KDS sankem. Pertama, melampirkan e-KTP asli almarhum Kedua, melampirkan surat keterangan kematian dari kelurahan.

Baca Juga: Klub Mobil Disebut Norak, Bikin Akun Tiktok di Underpass Dewi Sartika Depok

Ketiga, melampirkan surat pernyataan ahli waris yang diketahui oleh RT, RW dan tercatat di kelurahan dan kecamatan setempat.

Keempat, fotokopi e-KTP ahli waris yang sudah dilegalisir oleh kelurahan setempat. Kelima, fotokopi Kartu Keluarga (KK) ahli waris yang telah dilegalisir kelurahan.

Halaman:

Editor: Muhammad Fayeq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Abi Pimpin Katar Gandul Depok, Ini Suara yang Diraih

Selasa, 31 Januari 2023 | 04:55 WIB

Perkiraan Cuaca Depok, Sabtu 28 Januari 2023

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:05 WIB

Hore, Gedung SMPN 21 Depok Bakal Dibangun 2024

Jumat, 27 Januari 2023 | 09:40 WIB

Lima Titik Pembangunan Pokmas Limo Depok, Mantab

Jumat, 27 Januari 2023 | 08:40 WIB
X