Rilis Pogram Kota Masa Depan, Kolaborasi Grab, Emtek dan Bukalapak Targetkan 10.000 UMKM

- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:13 WIB
Kolaborasi Bukalapak, Emtek dan Grab (Istimewa)
Kolaborasi Bukalapak, Emtek dan Grab (Istimewa)

HALLO DEPOK - Pandemi COVID-19 memberikan banyak tantangan kepada UMKM, yang merupakan penggerak utama ekonomi Indonesia. Dengan teknologi dan digitalisasi, diharapkan UMKM Indonesia bisa menjadi lebih kuat dan berkembang sehingga mampu menjawab tantangan tersebut.

Guna mendukung UMKM, Grab, Emtek dan Bukalapak meluncurkan Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan); sebuah program akselerator ekstensif yang menargetkan UMKM di kota-kota kecil di seluruh Indonesia.

Program ini berfokus pada tiga prioritas, yakni: Vaksinasi, Adopsi Platform Digital [onboarding ke aplikasi Grab dan Bukalapak] dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Mengomentari kolaborasi ini, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, mengatakan pandemi yang terjadi dalam satu setengah tahun terakhir turut berimbas pada UMKM. "Untuk itu banyak kota-kota di Indonesia yang perlu mengejar ketinggalannya dalam digitalisasi, karenanya peran sektor swasta dalam mendukung Pemerintah sangat dibutuhkan dalam upaya percepatan transformasi digital," ujar Teten saat temu media virtual yang dihelat baru-baru ini.

"Kami menyambut baik kemitraan strategis Grab, Emtek dan Bukalapak yang merangkul UMKM di kota-kota kecil. Saya berharap program Kota Masa Depan dapat menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi para wirausahawan dan mendorong pemulihan ekonomi di daerah-daerah tersebut serta ekonomi nasional," beber Teten.

Dimulai di Kupang, Nusa Tenggara Timur dan akan berlanjut secara bertahap di Solo, Gowa, Malang dan Pekanbaru hingga akhir Desember 2021, program Kota Masa Depan menargetkan 10.000 UMKM

UMKM yang bergabung dalam program ini dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia. UMKM juga memperoleh peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital sehingga menjaga stabilitas bisnis mereka bahkan di masa pandemi.

Dalam tiga pilar program yang ada, Grab, Emtek, dan Bukalapak akan menggabungkan keahlian mereka untuk melatih dan mendampingi UMKM dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM akan siap bergabung dalam ekonomi digital. Sekitar 100 UMKM terpilih di Kupang dan Solo juga akan mendapatkan:

1. Pelatihan khusus tentang pengelolaan bisnis yang dimentori Grab dan Bukalapak.

Halaman:

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Melaju, Harga Emas Antam Kini Rp956.000 per Gram

Kamis, 18 November 2021 | 09:44 WIB

Awal Pekan, Harga Emas Anteng di Rp955.000 per Gram

Senin, 15 November 2021 | 10:49 WIB

Harga Emas Antam Melejit ke Posisi Rp951.000 per Gram

Kamis, 11 November 2021 | 11:34 WIB

Penjualan Eceran Tumbuh Meningkat Pada Oktober 2021

Selasa, 9 November 2021 | 19:25 WIB

Harga Emas Antam Nangkring Rp945.000 per Gram

Senin, 8 November 2021 | 10:13 WIB
X