Raffi Ahmad Coba Peruntungan Bisnis di Dunia Metaverse, Bangun RansVerse

- Minggu, 13 Februari 2022 | 21:27 WIB
Ransverse
Ransverse

HALLO DEPOK- Bisnis Raffi Ahmad makin berkembang pesat. Artis yang terbilang berani dalam mencoba lahan bisnis baru kini nekat merambah dunia metaverse. Yup. Raffi Ahmad baru saja mengumumkan di akun Instagramnya kalau RANS Entertainment, perusahaan miliknya ikut terjun ke dunia metaverse yang diberi nama RansVerse. Melalui unggahan di media sosial, Raffi Ahmad mengumumkan tengah membangun dunia digital hasil kerja sama dengan ShintaVR, VCGamers, UpBan, dan Rans Animation. Dia menjelaskan setiap hal yang bisa diperjual belikan di dunia digital tersebut seperti plot tanah, kostum, karakter, dan lainnya di Ransverse nantinya akan berbentuk NFT.

“Ada yang mau beli tanah di deket rumah Raffi Nagita? Tag aja, silahkan,” tulisnya akun Instagram @raffinagita17, dikutip Minggu 13 Februari 2022.

Raffi mengunggah beberapa desain metaverse miliknya yang berlatar belakang taman bermain (amusement park) hingga kavling kota virtual. Bukan itu saja, suami Nagita Slavina tersebut juga memamerkan beberapa tokoh-tokoh virtual yang akan mengisi RansVerse.
Dikutip dari bisnis.com, metaverse sendiri adalah sebuah dunia digital yang pengguna bisa saling berinteraksi secara real time dengan pengguna lain menggunakan avatar atau representasi grafis dari penggunanya. Metaverse sebagai ruang digital menawarkan banyak aktivitas yang mirip dengan pengalaman di dunia nyata, seperti hiburan, aktivitas jual-beli, dan berbagai aktivitas komunal lainnya. Dalam hal ini, metaverse berperan layaknya perpanjangan dari dunia nyata dan aktivitas yang biasa dialami.

Di dalam metaverse, seluruh transaksi dilakukan menggunakan aset kripto, untuk mempermudah proses transaksi karena sistemnya yang terdesentralisasi dan cepat. Teknologi NFT (non-fungible token) salah satunya yang digunakan, juga memastikan otentisitas dari setiap aset yang dimiliki oleh para pengguna dunia virtual tersebut, yang dapat ditukarkan dan diperjualbelikan kepada pengguna lainnya.

Beberapa Aset kripto dengan Metaverse Beberapa aset kripto dibangun dengan tujuan menciptakan metaversenya sendiri. Namun, proyek-proyek metaverse ini masih dalam tahap awal di mana aktivitas dan jumlah pemain yang bisa ikut dalam Metaversenya masih sangat dibatasi. Aset kripto dengan Metaverse di antaranya, Sandbox, MANA, dan ALICE. Perusahaan-perusahaan besar bisa memanfaatkan Metaverse untuk menjual dan memamerkan produk mereka dalam bentuk digital. Brand seperti Adidas sudah membeli hak atas tanah di dalam the Sandbox dengan rencana ingin membuat pameran virtual dan pada akhirnya membuka toko digital.

Editor: Alia Fathiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya Asuransi Mobil versi Qoala

Jumat, 25 Maret 2022 | 17:56 WIB

Kiat Sukses Investasi Kripto bagi Perempuan

Minggu, 6 Maret 2022 | 06:47 WIB

Wanita Indonesia makin Berkembang menjadi Pengusaha

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:30 WIB

Terpopuler

X