Ivanka Slank: Musisi Butuh Aturan Jelas untuk Konser di Masa Pandemi

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:11 WIB
Ivanka Slank (Istimewa)
Ivanka Slank (Istimewa)

HALLO DEPOK - Musisi Ivan Kurniawan Arifin (Ivanka Slank), yang mengaku merasakan kerinduan untuk kembali tampil setelah nyaris 2 tahun tidak bisa berinteraksi dengan audiens.

“Hampir 2 tahun puasa  berekspresi berkesenian. Untungnya ada teknologi online. Kami sebagai seniman dalam posisi mengikuti apa-apa yang ditetapkan pemerintah untuk mentaati prokes,” ujarnya di acara diskusi virtual, Selasa (19/10).

Dengan munculnya kabar konser bakal bisa digelar lagi, Ivanka mengaku sudah berkomunikasi dengan promotor konser. “Kita harus siapkan konsep dari sekarang. Jadi jika nanti waktunya tiba, kita siap,” ujarnya.

Ivanka menyebut, konser God Bless 48 Tahun yang berlangsung di ICE BSD baru-baru ini bisa dijadikan benchmark. “Konsepnya hybrid, ada penonton dengan  harus dites swab antigen selama acara dan setelahnya. Alhamdulillah tidak ada yang terinfeksi (Covid-19),” ujarnya. “Kami sadar tidak bisa dibuka sepenuhnya, maka ide hybrid bisa jadi hal bagus untuk dilakukan waktu-waktu ini.”

Ivanka menandaskan, dibutuhkan aturan yang jelas terhadap musisi untuk bisa melakukan konser. “Misal daerah dengan level berapa agar bisa melakukan konser. Ini yang kita tunggu. Di industri film aturannya sudah ada. Di musik ini semoga bisa segera direalisasikan aturan yang baku,” ujarnya.

Sementara itu,  Founder Of Backstagers Indonesia, Krisnanto Sutrisman mengatakan, asosiasi event organizer (EO) perlu mendapatkan sosialisasi dan pelatihan agar lebih memahami prokes dan tata cara melakukan event luring.

“Kami terdiri dari perusahaan event yang beragam, salah satunya adalah konser. Apabila bicara prokes untuk event, tidak hanya mengacu pada konser, karena ada juga corporate gathering atau marketing activation. Hal ini yang perlu lebih banyak disosialisasikan,” ujarnya.

“Kami perlu pelatihan penanganan prokes agar orang-orang event bisa lebih ketat mengaturnya. Kami tidak mau euforia dan paham bahwa konser di alun-alun kota di masa pandemi mungkin tak bisa dilaksanakan karena sulit mengukurnya. Solusinya, kegiatan bisa dilakukan di area terbatas, bertahap dan perlahan. Untuk ini, edukasi ke ke masyarakat event harus lebih konkret. Misalnya kota yang PPKM Level 1 dan 2 mungkin bisa duluan. Kalau bicara siap, kami siap,” tandas Krisnanto.*

 

Halaman:

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Yeay, Lisa BLACKPINK Sembuh dari Covid-19

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:21 WIB

5 K-Drama Terbaru dari Viu, Ada Kim Yoon Seok

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:32 WIB

Awkarin Dilamar Kekasih, Siap Lepas Lajang

Selasa, 30 November 2021 | 16:24 WIB

Kabar BTS akan Konser di Batam, ARMY: Halu Banget

Selasa, 30 November 2021 | 15:22 WIB

Ribut Soal Hak Asuh Gala, Fuji: Gak Ada Perselisihan

Rabu, 24 November 2021 | 16:31 WIB

Velove Vexia Menikah

Selasa, 23 November 2021 | 17:14 WIB
X