Australia Sumbang 1,2 Juta Vaksin AstraZeneca untuk Indonesia

- Kamis, 18 November 2021 | 10:00 WIB
Vaksin tiba di tanah air (Foto: Istimewa)
Vaksin tiba di tanah air (Foto: Istimewa)

HALLO DEPOK - Australia kembali menyumbangkan vaksin AstraZeneca untuk Indonesia sebanyak 1,2 juta dosis vaksin jadi. Menurut Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Santo Darmosumarto, dukungan kerja sama vaccine dose sharing dari Australia merefleksikan kuatnya Kemitraan Strategis Komprehensif RI-Australia.

"Harapannya kerja sama ini akan berkontribusi bagi upaya memperkuat pemulihan ekonomi di kedua negara, termasuk guna memulai kembali perjalanan dua arah antar-perbatasan," ujar Santo, Rabu (17/11/2021).

Pemerintah Australia sebelumnya telah beberapa kali mengirimkan donasi vaksin kepada Indonesia, yakni 20 Oktober 2021 dan 11 November 2021, masing-masing 1,2 juta dosis.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menyampaikan kerja sama antar negara-negara di dunia sangatlah penting dalam upaya penanganan COVID-19 yang telah memakan sangat banyak korban jiwa. "Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah Australia atas kedatangan vaksin ini," ujar Usman.

Jelang akhir tahun, Usman menambahkan, pemerintah akan meningkatkan upaya percepatan dan perluasan program vaksinasi, sehingga target yang telah dicanangkan bisa tercapai.

"Salah satu yang perlu diwaspadai adalah mengurangi peningkatan mobilitas pada akhir tahun. Agar tidak terjadi pengalaman buruk di tahun lalu, yaitu meningkat tajamnya penularan akibat mobilitas tinggi saat liburan," tandasnya.*

 

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Vaksinasi Silang Lebih Efektif Hadang Omicron

Senin, 3 Januari 2022 | 16:30 WIB

Begini Momen Pergantian Malam Tahun Baru di Hong Kong

Minggu, 26 Desember 2021 | 15:07 WIB

5,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:29 WIB
X