Amerika Sumbang Vaksin Pfizer 3,5 Juta Dosis untuk Indonesia

- Senin, 22 November 2021 | 11:37 WIB
Vaksin tiba di tanah air (Foto: Istimewa)
Vaksin tiba di tanah air (Foto: Istimewa)

HALLO DEPOK - Indonesia kembali menerima kedatangan tiga tahap vaksin COVID-19 yang tiba pada Sabtu-Senin (20-22 November 2021), total mencapai 5.758.740 dosis vaksin Pfizer. Vaksin yang tiba segera didistribusikan ke berbagai daerah, agar program penyuntikan vaksin berjalan lancar dan lebih cepat.

“Vaksin tahap ke 126, 127 dan 128 ini mendarat di berbagai kota di Indonesia dan akan langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan di daerah-daerah. Diharapkan, setiap dosis vaksin tersebut dapat segera dimanfaatkan untuk perlindungan kesehatan masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong.

Usman menjelaskan, sebagian vaksin Pfizer merupakan donasi dari Amerika Serikat sejumlah 3,5 juta dosis. Sedangkan 2.259.270 dosis didapatkan melalui pembelian langsung.

 

Dalam pertemuan antara kedua kepala negara di Skotlandia beberapa waktu lalu, Usman mengatakan Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi secara langsung kepada Presiden AS atas kerja sama bidang kesehatan selama pandemi, mulai dari penerimaan stok vaksin melalui mekanisme dose-sharing, ventilator, obat-obatan teurapeutik, hingga alat kesehatan lainnya.

Vaksin yang diterima di Jakarta akan dikirimkan ke Dinkes Kalimantan Barat, Dinkes Kalimantan Selatan, Dinkes Kalimantan Tengah, Dinkes Riau, Dinkes Sulawesi Selatan, Dinkes Sumatera Utara, Dinkes Sumatera Selatan, Dinkes Banten, serta Dinkes Jawa Barat. Sedangkan yang tiba di 3 kota lainnya akan diteruskan ke dinas kesehatan provinsi setempat.

Dengan kedatangan vaksin ini, maka total jumlah vaksin yang telah diterima Indonesia adalah sekitar 355,7 juta dosis, baik dalam bentuk jadi maupun bulk.

Usman menambahkan, pemerintah terus menggenjot percepatan vaksinasi. Total vaksin yang terdistribusi Januari - Oktober 2021, sudah lebih dari 267 juta dosis. Selain jaminan ketersediaan stok vaksin, upaya percepatan juga dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi yang masih ragu dan enggan untuk divaksinasi.*

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Vaksinasi Silang Lebih Efektif Hadang Omicron

Senin, 3 Januari 2022 | 16:30 WIB

Begini Momen Pergantian Malam Tahun Baru di Hong Kong

Minggu, 26 Desember 2021 | 15:07 WIB

5,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:29 WIB
X