Presidensi Indonesia G20 Jadi Peluang Emas Angkat Isu Relevan

- Senin, 6 Desember 2021 | 14:06 WIB
Ilustrasi G20 (istimewa)
Ilustrasi G20 (istimewa)

HALLO DEPOK - Posisi Indonesia sebagai Presidensi G20 sebuah kesempatan besar untuk menampilkan apa yang kita miliki. Menyampaikan potensi dan kemampuan Indonesia ke dunia global, juga melakukan banyak hal untuk dalam negeri maupun bagi dunia.

"Tekad Presiden menjadikan G20 tidak hanya sebagai tempat kumpul-kumpul, melainkan bisa menghasilkan sebuah substansi, tidak hanya sekadar baik di tataran konsep tapi juga bisa diimplementasikan akanmembuat kualitas kepemimpinan G20 Indonesia akan diperhitungkan," ujar Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah.

Piter menambahkan, menjadi Presidensi G20 juga merupakan kesempatan Indonesia mengusulkan isu-isu yang sangat relevan, yang tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia, namun juga global.

"Isu terkait arsitektur kesehatan global bisa dikatakan sangat tertinggal dibandingkan arsitektur keuangan global misalnya. Bila ada krisis ekonomi di suatu negara, sudah ada lembaga IMF dan Bank Dunia. Sedangkan untuk masalah kesehatan, kita tidak punya protokol kesehatan global. Indonesia bisa menginisiasi, meskipun jujur tantangan akan sangat berat karena isu kesehatan global memang tidak mudah," bebernya.

Selain itu, Piter menambahkan, isu kesehatan tidak bisa dilepaskan dari ekonomi. “Paradigmanya harus diubah. Pandemi terbukti bisa memporakporandakan perekonomian sebuah negara," ujarnya.

Melandainya kasus COVID-19 di Indonesia, Piter optimis hal ini bisa berdampak positif bagi perekonomian dalam negeri. “Seiring dengan itu, kondisi ekonomi masyarakat terus membaik, konsumsi investasi dan ekspor mengalami perbaikan. Pertumbuhan ekonomi triwulan empat 2022 diharapkan akan kembali seperti triwulan kedua,” harapnya.

Gaungkan Semangat Resiliensi

Sementara Ketua BPC Perhumas Medan, Saurma MGP Siahaan menyatakan untuk menggaungkan semangat resiliensi dan optimisme di Indonesia, Perhumas telah menjalankan sejumlah kegiatan. Di antaranya, kampanye Indonesia Bicara Baik yang tidak hanya untuk nasional melainkan hingga ke daerah.

“Selama 2020-2021 Perhumas juga menggaungkan pentingnya pemakaian masker dan vaksinasi. Kami sepakat ekonomi akan bangkit oleh sejumlah upaya yang dilakukan pemerintah. Menjadi Presidensi G20 akan menjadikan semangat Indonesia makin kuat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Vaksinasi Silang Lebih Efektif Hadang Omicron

Senin, 3 Januari 2022 | 16:30 WIB

Begini Momen Pergantian Malam Tahun Baru di Hong Kong

Minggu, 26 Desember 2021 | 15:07 WIB

5,5 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia

Sabtu, 4 Desember 2021 | 16:29 WIB
X