Kalbe Farma Gelar Sentra Vaksinasi di Kabupaten Bandung, Sasar 1500 Peserta

- Kamis, 16 September 2021 | 11:06 WIB
Ilustrasi vaksinasi (Kalbe)
Ilustrasi vaksinasi (Kalbe)

HALLO DEPOK - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), Kompas Gramedia (KG), berkolaborasi dengan Kodam III/Siliwangi dan Pemerintah Kabupaten Bandung menggelar Sentra Vaksinasi COVID-19 di Dome Balerame, Kawasan Budaya Sabilulungan, Soreang, menyasar ibu hamil, pelajar, dan juga masyarakat umum.

Sentra vaksinasi COVID-19 ini merupakan rangkaian program lanjutan “Bangkit untuk Merdeka dari COVID-19” dari Kota Jakarta, Kota Pekanbaru, Kabupaten Gresik, dan juga Kabupaten Bantul.

Corporate Sustainability Manager PT Kalbe Farma Tbk Abi Nisaka mengatakan penyelenggaraan sentra vaksinasi merupakan wujud komitmen Kalbe untuk menyehatkan bangsa. "Upaya vaksinasi merupakan bagian dari kontribusi Kalbe terhadap terciptanya herd immunity di masyarakat," ujarnya.

Selain mengadakan vaksinasi, Kalbe juga terus berinovasi untuk menyediakan obat, suplemen, layanan telemedicine, dan laboratoriun terkait pemeriksaan terapi COVID-19 yang dibutuhkan masyarakat..

Abi menambahkan pada pelaksanaan vaksinasi, digunakan tes diagnostik RT Lamp Saliva yang merupakan hasil inovasi Kalbe untuk pemeriksaan COVID-19 bagi tenaga kesehatan yang bertugas dengan tujuan untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi berjalan aman bagi nakes dan masyarakat.

"RT-LAMP Saliva bisa menjadi solusi dalam membantu pemerintah untuk memperluas cakupan tes terhadap virus SARS-CoV-2 khususnya di daerah-daerah yang tidak memiliki kapasitas mesin RT-PCR yang mencukupi," beber Abi.

Metode RT-LAMP Saliva tidak memerlukan fasilitas alat laboratorium yang mahal, cukup memerlukan water bath sebagai alat utama ditambah peralatan laboratorium standar lainnya seperti pipet, tabung, minicentrifuge, vortex mixer.

General Manager Communication Management KG Saiful Bahri mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kolaborasi antara KG dan Kalbe, di mana kegiatan bertepatan dengan ulang tahun ke-58 KG dan ke-55 Kalbe. Program sudah dimulai sejak 17 Agustus lalu, menyambangi  empat kota, yaitu Pekanbaru, Bantul, Gresik, dan Kabupaten Bandung.

Di Kabupaten Bandung target peserta 1.500 orang, sedangkan di kota lain rata-rata 1.000. "Kami menyelenggarakan vaksinasi di 4 kota ini berangkat dari data," beber Saiful.

Halaman:

Editor: Shafira Thalia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sore Ini, Kota Depok Diperkirakan Hujan Lebat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:50 WIB
X