Megawati Bakal Dilantik sebagai Dewan Pengarah BRIN oleh Jokowi

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:04 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri (Istimewa)
Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri (Istimewa)

HALLO DEPOK - Megawati Soekarnoputri bakal dilantik sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), hari ini, Rabu (13/10). Pelantikan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), dan rencananya bakal berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Hal ini dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. "(Betul pelantikan) Dewan BRIN dan anggota," kata Budi dalam keterangan tertulis dikutip dari Tempo.co.

Meski demikian, Budi belum dapat memastikan siapa saja yang anggota BRIN lain yang hadir selain Megawati.

Ketetapan Megawati sebagai Dewan Pengarah BRIN tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Peraturan tersebut diteken pada 28 April 2021 dan diundangkan di hari yang sama.

Pasal 5 mengatur bahwa susunan organisasi BRIN terdiri dari Dewan Pengarah dan Pelaksana. Selanjutnya diatur, Ketua Dewan Pengarah BRIN akan dijabat oleh unsur dari Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Ketua Dewan Pengarah BPIP saat ini adalah Megawati Soekarnoputri. Kepala BRIN Laksana Tri Handoko sebelumnya sudah mengatakan bahwa Megawati akan menjadi Ketua Dewan Pengarah di lembaganya.

Handoko mengatakan fungsi Ketua Dewan Pengarah BRIN nantinya menjadi pagar aktivitas keilmuan agar tetap berlandaskan ideologi Pancasila.*

 

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Jadi Google Doodle, Ellya Trend Google Nomor Satu

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 22:47 WIB

Mau Umroh? Cek Ketentuan Berikut ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:03 WIB

Hoax di RSCM Terjadi Kelonjakan Covid

Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:11 WIB

5 Langkah Antisipasi Gelombang Covid-19 ke Tiga

Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:45 WIB
X