3 Bulan Inflasi Tidak Diredam, Mendagri Copot Pj Kepala Daerah

- Rabu, 25 Januari 2023 | 04:30 WIB
Mendagri Muhammad Tito Karnavian, memberi atensi dua daerah dengan inflasi tinggi, yaitu Provinsi Riau dengan inflasi sebesar 6,81 persen dan Kabupaten Kotabaru dengan lonjakan inflasi sebesar 8,65 persen.
Mendagri Muhammad Tito Karnavian, memberi atensi dua daerah dengan inflasi tinggi, yaitu Provinsi Riau dengan inflasi sebesar 6,81 persen dan Kabupaten Kotabaru dengan lonjakan inflasi sebesar 8,65 persen.

HALLO.DEPOK.ID - Ini acaman yang tidak bisa dianggap main-main. Tiga bulan inflasi tidak bisa diredam, pejabat (Pj) kepala daerah digertak bakal dicopot.

Penegasan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian itu disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah, yang berlangsung secara online di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

"Kalau Pj kepala daerah yang sampai tiga kali berturut-turut inflasi daerahnya di atas nasional, udahlah pasti akan out saja. Pasti saya akan out-kan. Saya akan lapor presiden, ganti kemudian. Tapi sebaliknya rekan-rekan yang bisa mengendalikan inflasi dan relatif bagus, mau digoyang seperti apa kita akan pertahankan," tegas Tito dikutip dalam keterangan tertulis, Selasa (24/1).

Baca Juga: Wowon Cs Pembunuh Berantai dari Sikat 3 Istri Sampai Untung Rp1 Miliar, Ini Fakta-faktanya

Pengendalian inflasi menunjukkan kualitas kepemimpinan Pj. kepala daerah. Sebab, dalam pelaksanaannya pengendalian inflasi tidaklah mudah.

Kepala daerah, kata Tito, harus melakukan pengecekan di lapangan dan melakukan tindakan-tindakan konkret, seperti melalui rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), operasi pasar murah, hingga gerakan menanam.

"Ada juga yang autopilot (dalam pengendalian inflasi). Kita punya datanya, dan saya sangat warning nanti kepada rekan-rekan yang Pj, ini sudah ada 101 Pj, tahun ini ada 170, Pj-Pj ini nomor satu variabelnya, salah satu yang menjadi kriteria adalah pengendalian inflasi," urai Tito.

Baca Juga: Gara-gara Cakupan Imuniasasi Turun, Penyakit Campak Naik 32 Kali Lipat

Meski inflasi di Indonesia masih relatif terkendali, Tito mengingatkan kepada semua pihak agar jangan cepat berpuas diri.

Berdasarkan data yang dikantonginya, dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara, inflasi Indonesia berada di posisi tengah.

Halaman:

Editor: Muhammad Fayeq

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Begini Alasan JD.ID Tutup Permanen 31 Maret 2023

Selasa, 31 Januari 2023 | 01:46 WIB

Menag Bahas Biaya Haji Sampai ke KPK 

Sabtu, 28 Januari 2023 | 09:05 WIB

Awas Ada 108 Pengelola Zakat Ilegal, Ini Nama-namanya

Sabtu, 21 Januari 2023 | 12:55 WIB
X