Lapas Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas Terpanggang

- Rabu, 8 September 2021 | 11:17 WIB
Lapas Tangerang (Foto: Tayangan Video)
Lapas Tangerang (Foto: Tayangan Video)

HALLODEPOK-Lembaga Pemasyarakat Tangerang terbakar hebat. Korban tewas hingga berita ini ditulis sudah mencapai 41 orang. Mereka tewas terpanggang, lantaran terlambat di evakuasi.

Menurut Kapolresto Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar pukul 03.00 pagi. Deonijiu pun menceritakan kronologis peristiwa nahas itu.

Menurutnya, kobaran api mulai terlihat sekitar pukul 01.45 WIB dari Blok C. Selama dua jam lebih, api terus berkobar. Saat api membesar, napi penghuni Blok C bersama dengan anggota jaga melaksanakan pengecekan ke ruang tahanan Blok C dan berusaha untuk melakukan evakuasi.

Nahas, dalam proses evakuasi itu, petugas hanya berhasil menyelamatkan sekitar 20 orang. Sedang sisanya dilaporkan tidak berhasil dilakukan evakuasi karena api yang semakin membesar.

Baca Juga: Lapas Tangerang Terbakar Hebat, Ini Jumlah Korban Meninggal, Kritis dan Luka luka

"Polres di dukung tim dari Polda melakukan pengamanan di TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan dan upaya memadamkan serta mengisolasi agar api tidak meluas. Itu langkah awalnya," kata Deonijiu pada wartawan di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/21).

Petugas pemadam (Foto: Tayangan Video)

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas kemudian melakukan penyelidikan. Hingga kini teridentifikasi sebanyak 41 narapidana tewas terbakar. Polisi masih mengusut penyebab terjadinya kebakaran, dengan melibatkan tim dari Puslabfor Mabes Polri, Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya bersama Satreskrim Polres Tangerang.

Menurut Deonijiu De Fatima, berdasarkan pengamatan sementara, dugaan awal terjadinya kebakaran akibat arus pendek listrik. Namun, polisi mengaku akan terus melakukan pendalaman. Saat ini, polisi masih melakukan penjagaan di lapas dengan menerjunkan 150 personel mulai dari Brimob, Sabara dan jajaran petugas Polrestra Tangerang.

"Pengamanan selanjutnya saya perlu informasikan situasi Lapas terkendali. Warga binaan lainnya juga sudah dibawah kendali teman-teman dari Dirjen Pas. Kemudian ada pengamanan internal kami perkuat dari Polri," pungkas Kombes Pol Deonijiu De Fatima.

 

Editor: Ariful Hakim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punthuk Setumbu Wujud Kemandirian Ekonomi Warga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:39 WIB

Pria di Jakarta Lakukan Aksi Bunuh Diri Live di TikTok

Jumat, 10 September 2021 | 17:04 WIB
X