Kemenkes Aktif Lakukan Genome Sequencing Pantau Varian Baru Termasuk Mu

- Kamis, 9 September 2021 | 16:57 WIB
Pengujian virus corona (Pixabay)
Pengujian virus corona (Pixabay)

HALLO DEPOK - Menyikapi munculnya varian-varian baru virus corona yang memiliki kemampuan penularan lebih tinggi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan genom sequencing terhadap kasus baru yang masuk Indonesia atau melalui penularan lokal.

Jubir Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid, mengatakan dari sekitar 5.835 hasil sequencing yang dilaporkan, sebanyak 2300 merupakan varian Delta di 34 provinsi di Indonesia. “Kemenkes melakukan pemantauan terhadap semua varian yang muncul, apakah itu Variant of Concern maupun Variant of Interest seperti Eta, Iota, Kappa, Lambda dan sebagainya, juga varian lokal yang muncul di Indonesia,” jelas dr Nadia.

Kemenkes juga melakukan pemantauan terhadap varian Mu yang saat ini menyebar ke 46 negara. Koordinasi dengan petugas-petugas di pintu masuk juga ditingkatkan. “Serta menyusun kebijakan untuk mengantisipasi kemungkinan masuknya varian yang dikatakan memiliki kekebalan terhadap vaksin,” ujar Nadia seraya mencontohkan upaya melalui pengetatan kebijakan karantina internasional serta persyaratan vaksin, serta terus berkonsultasi dengan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Baca Juga: Hadang Masuknya Varian Mu ke Indonesia, Pemerintah Lakukan Ini

Baca Juga: Varian Mu Diprediksi Sebabkan Banyak Kerusakan, Jadi Pesaing Kuat Delta

Gelombang serangan varian baru sangat mungkin terjadi, terutama bila masyarakat lengah. Masker adalah langkah pencegahan agar virus, varian apa pun, tidak dapat masuk ke dalam tubuh kita. Sedangkan vaksinasi, menjadi perlindungan supaya terhindar dari terjadinya kasus berat yang memerlukan perawatan rumah sakit.*

 

Editor: Shafira Thalia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Punthuk Setumbu Wujud Kemandirian Ekonomi Warga

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 16:39 WIB

Pria di Jakarta Lakukan Aksi Bunuh Diri Live di TikTok

Jumat, 10 September 2021 | 17:04 WIB
X