Cara Mengurus e-KTP yang Hilang atau Rusak, Cek di Sini

- Rabu, 22 September 2021 | 14:04 WIB
Ilustrasi KTP elektronik (Istimewa)
Ilustrasi KTP elektronik (Istimewa)

HALLO DEPOK - Saat aplikasi PeduliLindungi diterapkan dan harus menunjukkan e-KTP atau KTP elektronik untuk mencocokan data, besar kemungkinan e-KTP tercecer atau hilang karena kerap ditunjukkan. Bisa lupa menaruh, atau jatuh. Padahal KTP adalah salah satu penanda identitas bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Bila karena suau hal hilang atau rusak, maka harus selekasnya diurus. KTP eelektronik yang berlaku sekarang mencantumkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang berisi kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi serta validasi data kependudukan. 

Dengan kata lain, NIK menjadi acuan dalam mengurus berbagai dokuman penting lain, seperti membuat SIM (Surat Izin Mengemudi), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), serta daftar BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. 

Berikut langkah-langkah panduan untuk mengurus e-KTP hilang atau rusak:

1. Surat kehilangan e-KTP dari kantor polisi.

2. Surat pengantar dari kelurahan.

3. Formulir permohonan e-KTP baru dari kelurahan.

4. Untuk diketahui, pada kasus e-KTP rusak, tidak perlu surat keterangan hilang dari kepolisian. Cukup membawa bukti e-KTP yang rusak untuk mengurus yang baru.

Selain berkas utama di atas, kemungkinan juga harus membawa dokumen pendukung berupa:

Halaman:

Editor: Shafira Thalia

Tags

Terkini

Kabar Baik, Zona Merah Kepatuhan Pakai Masker Membaik

Jumat, 19 November 2021 | 11:50 WIB

4 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Indonesia

Rabu, 10 November 2021 | 10:47 WIB
X