Ditembak Satgas, Ini Fakta-fakta Ali Kalora Pimpinan MIT

- Senin, 20 September 2021 | 11:09 WIB
Ali Kalora (Foto: Istimewa)
Ali Kalora (Foto: Istimewa)

HALLODEPOK--Ali Kalora, pimpinan Mujahidin Indonesia Timur (MIT), tewas dalam kontak senjata dengan Satuan Tugas (Satgas) Magado Raya di Desa Astina, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Kontak senjata terjadi sekitar pukul 18.15 Wita.

Ali merupakan pimpinan kelompok Poso yang selama ini sudah menjadi target Satgas Madago Raya, yang sebelumnya bernama Satgas Tinombala. Berikut ini fakta-fakta tewasnya Ali Kalora:

1.Ali Kalora tewas bersama satu orang yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) teroris yakni Jaka Ramadhan alias Ikrima alias Rama.

2.Keduanya terlibat baku tembak dengan personel Satgas Madago Raya. Dengan tewasnya dua DPO teroris ini, kini tersisa empat buronan yang terus dikejar Satgas Madago Raya, yakni Askar alias Jaid alias Pak Guru, Nae alias Galuh alias Muklas, Suhardin alias Hasan Pranata, dan Ahmad Gazali alias Ahmad Panjang.

3.Waksatgas Humas Operasi Madago Raya AKBP Bronto Budiyono mengatakan, jenazah Ali Kalora sudah dibawa dan tiba di Palu pukul 04.00, Minggu (19/9/21)

4.Proses evakuasi tidak mudah karena sempat terkendala medan yang sulit dan gelap

5.Melalui akun Twitternya, Menko Polhukam Mahfud MD juga mengabarkan tewasnya Ali Kalora. Mahfud meminta agar masyarakat tetap tenang. "Masyarakat harap tenang," tulis Mahfud di akun Twitternya, @mohmahfudmd. Mahfud mengaku telah mendapatkan laporan termasuk foto kondisi Ali Kalora. "Ada gambarnya, tapi tidak perlu saya post di sini," tulis Mahfud.

6. Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi memberikan penjelasan terkait tewasnya Ali Kalora. Menurut Rudy, saat baku tembak terjadi, Ali Kalora hanya bersama seorang anak buahnya. Keduanya sudah berpisah dari anggota kelompok teroris Poso lainnya.

"Hanya mereka berdua, terpisah sudah berapa bulan," kata Rudy yang juga menjabat Kepala Satgas Madago Raya, Minggu (19/9/21).

Rudy menerangkan, berdasarkan bukti dan hasil pendalaman aparat, pihaknya memastikan dua orang yang tewas itu adalah Ali Kalora dan Jaka Ramadhan alias Ikrima. "Jenazah keduanya sudah ada di rumah sakit Polri di Kota Palu," ujar Rudy.

 

Editor: Ariful Hakim

Tags

Terkini

Pendidikan yang Mencerahkan

Rabu, 18 Januari 2023 | 17:14 WIB

Sah, Ridwan Kamil Gabung Golkar

Rabu, 18 Januari 2023 | 15:41 WIB

Kader Pindah dari Gerinda, Ini Pesan Menohok Nuroji

Sabtu, 14 Januari 2023 | 22:03 WIB

Novi Anggriani Berlabuh ke Gerindra

Kamis, 12 Januari 2023 | 17:39 WIB
X