by

UGM Memiliki Peranan Penting dalam Peningkatan Kualitas SDM Bangsa Indonesia

HALLO DEPOK – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengikuti rangkaian acara Nitilaku Universitas Gadjah Mada (UGM) yang digelar secara virtual pada Minggu 13 Desember 2020.  

Nitilaku merupakan bagian dari perayaan Ulang Tahun Universitas Gadjah Mada (UGM) yang ke-71 dengan tema besar “Mengakar Kuat, Menjulang Tinggi”.  

Menko Airlangga membuka sambutannya, mewakili Presiden Joko Widodo, dengan menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi terhadap acara Nitilaku Perguruan Kebangsaan Tahun 2020.  

Nitilaku merupakan bagian penting dari tradisi peringatan Dies Natalis UGM dari tahun ke tahun. 

Nitilaku merupakan pawai budaya dari Keraton Yogyakarta menuju Gedung Pusat UGM sebagai simbolisasi perjalanan sejarah UGM yang pada awal kelahirannya bertempat di Kraton Yogyakarta hingga kemudian berpindah ke Bulaksumur.  

“Makna dari peringatan Nitilaku ini adalah untuk mengingat kembali awal mula lahirnya UGM, yang tidak terlepas dari peran penting Kraton Yogyakarta, dan para pendiri bangsa ini.”

“Pada tahun 1949, Ir. Soekarno, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, serta sejumlah tokoh ingin meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang waktu itu baru merdeka, untuk dapat lebih banyak mendapatkan pendidikan sarjana,” ujar Menko Airlangga dalam sambutannya.  

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *